PENGERTIAN SEL DAN ORGANEL SEL

 sel

Sel adalah bagian paling kecil pada makhluk hidup. Semua sel mempunyai tiga hal kesamaan, yaitu semua sel mempunyai membran plasma yang memisahkan bagian dalam sel dan lingkungannya. Sitoplasma merupakan cairan seperti jelly. Dan DNA mempunyai materi genetik. Sel dibagi menjadi dua kategori umum yaitu:

  1.          Eukariotik, sel ini mempunyai organel termasuk nukleus dan bagian istimewa lainnya. Sel ini lebih canggih dan kompleks seperti pada tumbuhan dan hewan.
  2.       Prokariotik, sel ini tidak mempunyai membran inti dan nukleus. Tetapi mempunyai materi genetik yang tidak tersimpan di nukleus. Prokariotik selalu berupa satu sel atau uniseluler seperti bakteri.


           Organel merupakan bagian istimewa sel yang punya tugas unik yang harus dilakukan.

  • ·         Nukleus/pusat kontrol sel. Nukleus mengandung DNA (materi genetik) . DNA mendikte hal yang harus dilakukan sel. Di nukleus terdapat kromatin yaitu bentuk khusus atau tidak beraturan dari DNA. Saat sel siap membelah, DNA dipadatkan menjadi struktur bernama kromosom.
  • ·         Ribosom, ribosom dibuat di nukleolus. Tugas utama ribosom adalah sintesis protein. Ribosom melayang bebas di sitoplasma atau melekat pada retikulum endoplasma.
  • ·         Retikulum endoplasma memiliki dua tipe yaitu, retikulum endoplasma kasar tempat melekat nya ribosom dan retikulum endoplasma halus yang tidak terdapat ribosom. Retikulum endoplasma memiliki tugas untuk menstransportasikan materi seperti protein yang di sintesis dari ribosom.
  • ·         Badan golgi menerima hasil sintesis protein dari ribosom. Saat protein berpindah ke badan golgi, mereka dirubah menjadi bentuk yang dapat digunakan sel. Badan golgi akan melipat protein atau menambahkan material tambahan seperti lemak dan karbohidrat.
  • ·         Vakuola adalah kantung yang menyimpan berbagai macam material di dalam sel tumbuhan.
  • ·         Lisosom, memiliki tugas untuk mengumpulkan sampah hasil kerusakan sel serta mengobatinya. Lisosom dipenuhi oleh enzim yang memecah puing-puing sel yang rusak.
  • ·         Mitokondria, merupakan sumber energi untuk sel tumbuhan atau hewan. Pada saat proses respirasi, mitokondria membuat molekul ATP yang menyediakan energi untuk semua aktivitas sel.
  • ·         Sitoskeleton termasuk benda mikrofilamen yang terbuat dari protein mikrotubulus berupa saluran sempit. Sitoskeleton memiliki fungsi untuk mempertahankan bentuk sel.


Banyak struktur unik lainnya yang hanya dimiliki oleh beberapa sel. Salah satunya pada saluran pernapasan terdapat sel dengan silia. Silia ialah rambut yang bergerak dan bergelombang secara mikroskopik. Sifat ini membantu menangkap dan menghirup partikel udara dan mengeluarkan lewat batuk. Sifat unik pada sel lainnya adalah flagella, yaitu sebuah flagellum berbentuk seperti ekor kecil yang membantu sel bergerak contohnya sel sperma.

Comments

Popular posts from this blog

soal dan pembahasan soal dicussion text

40 soal dan pembahasan tentang sel

Tindakan Heroik di Berbagai Daerah di Indonesia